Sunday, November 30, 2014

Manfaat Si Kecil yang Hot

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran yang satu ini. Sayuran yang satu ini rasanya paling pedas dari semua jenis cabe. Betul sekali! Nama sayuran ini adalah cabe rawit, si kecil yang nan hot ini termasuk kedalam sayuran yang biasanya dipakai oleh para ibu untuk memasak.

Cabe rawit ini berubah warnanya dari hijau menjadi merah saat matang. Seperti yang kita tahu bahwa cabe rawit ini ukurannya paling kecil dari semua jenis cabe, tapi tunggu dulu, walaupun ukurannya paling kecil pedasnya ngga kalah dari cabe yang lain karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville. 


Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara - negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper.

Selain rasanya  yang pedas si kecil yang hot ini juga memiliki sejuta manfaat, diantaranya : 



        1. Mengurangi resiko seseorang terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner.

        2. Membantu jantung
Cabai rawit juga berguna bagi jantung Anda, karena dapat mencegah serangan jantung yang mematikan dalam hitungan detik. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung.

        3. Mencegah Kanker
Manfaat yang paling penting dari mengkonsumsi cabai rawit adalah membantu mengurangi resiko kanker, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru dan kanker pankreas. Senyawa cabai rawit yang berkemampuan untuk ini tak lain adalah capsaicin yang memberikan rasa pedas. Proses ini dikenal dengan sebutan apoptosis.
 
4. Membantu menyembuhkan Infeksi
Cabai rawit juga membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi , karena cabe memiliki sifat antijamur.

        5. Meredakan sakit tenggorokan
Cabai rawit juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Campur cabai rawit dengan air, dan gunakan berkumur. Prosedur ini akan membantu memulihkan sakit tenggorokan dengan cepat.


Selain manfaat diatas, cabe rawit juga bisa membantu menurunkan berat badan loh! Buat para ladies nih terutama yang suka pedas, perlu disimak...

 
·         Cabe rawit juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena capsaicin yang pedas pada cabe rawit akan membakar lemak, dan mengeluarkannya bersama keringat. Selain itu juga karena cabe rawit yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang juga dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Makan cabai rawit juga akan menurunkan nafsu makan, sehingga cocok jika anda ingin membatasi makan saat diet.

Tips:
Jika merasa kepedasan setelah makan cabe, minumlah air hangat. Kenapa? Karena air hangat memang seketika seperti menambahkan rasa pedas, namun akan lebih cepat meredakannya dari pada minum air dingin.


0 komentar:

Post a Comment