Sunday, November 30, 2014

Si Lonceng Yang Menakjubkan.

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini. Sayur ini termasuk kedalam keluarga cabe loh, namun rasanya tidak seperti cabe yang lain yang rasanya super hot. Sayuran ini rasanya sedikit manis dan harumnya itu loh heeemm enak banget. Yaapp betul, sayuran ini namanya Paprika. Paprika adalah salah satu anggota keluarga besar dari cabai. Maka dari itu ada sensasi rasa pedas ketika makan paprika. Selain bentuk dan rasanya yang unik, paprika pun memiliki banyak khasiat kesehatan yang menakjubkan. Sayuran yang bentuknya seperti lonceng ini memiliki seribu manfaat, yuk simak manfaat dari si lonceng yang menakjubkan ini :

1.  Kesehatan Mata
Wah bukan hanya wortel ya yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata, tapi cabe paprika juga bisa. Kenapa yaa ? Ternyata paprika mengandug vitamin A yang sangat tinggi. Terutama pada paprika merah yang membantu untuk mendukung penglihatan yang sehat, terutama penglihatan pada malam hari. Paprika juga dapat melindungi mata dari katarak karena tingkat tinggi beta-karoten dan juga  vitamin C.

     2.       Penurunan Berat Badan
Nah manfaat yang lain adalah untuk menurunkan berat badan. Loh bisa untuk menurunkan pberat badan juga ? Betul sekali karena paprika merah membantu dalam mengaktifkan thermogenesis dan meningkatkan tingkat metabolisme. Paprika memiliki aksi termogenik ringan yang meningkatkan metabolisme tanpa meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga tidak seperti cabai. Oleh karena itu, paprika  dapat mendukung penurunan berat badan. Heemm nih buat yang mau diet, gimana kalo dicoba dengan paprika, selain sehat paprika juga alami tidak menggunakan bahan pengawet.

     3.       Mengandung Zat Anti Kanker
Kandungan paprika yaitu antioksidan dan anti-inflamasi nutrisi sehingga paprika memberikan beberapa manfaat anti-kanker. Risiko kanker meningkat karena peradangan kronis yang berlebihan dan stres oksidatif yang tidak diinginkan kronis. Faktor-faktor ini dapat diimbangi dengan asupan rutin fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Selain itu, paprika juga mengandung senyawa belerang. Enzim enzim  paprika membantu untuk mencegah kanker lambung dan kanker kerongkongan. Sedangkan kandungan karotenoid lycopene ditemukan efektif dalam pencegahan prostat, kandung kemih, leher rahim dan kanker pankreas.

     4.        Mendukung sistem kekebalan tubuh
Selain untuk kesehatan mata, untuk menurunkan berat badan, mengandung anti kanker, ternyata paprika ini juga bisa mendukung sistem kekebalan tubuh kita juga loh, wah wah wah udah kayak dokter aja ya bisa menjaga kekebalan tubuh. Di dalam paprika terdapat kandungan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan untuk membangun kolagen yang kuat untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Hal ini berperan dalam menurunkan risiko radang sendi dan mengurangi peradangan. Vitamin K membantu dalam pembentukan bekuan darah. Hal ini penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Gimana udah tau kan manfaat dari sayuran yang bentuknya lucu ini, heemm kalo gitu yuk mulai dari sekarang kita ubah gaya hidup kita dengan memakan buah-buahan dan sayuran-sayuran yang kaya akan manfaatnya salah satunya paprika ini.

0 komentar:

Post a Comment